Bakmi Jawa Suedep Tenan!

Jakarta – Kalau rindu dengan sentuhan Jawa coba saja hidangan bakmi satu ini. Dijamin rasa kangen pun langsung luntur karena kelezatannya. Mau bakmi yang ‘digodok’atau mau yang digoreng? Bisa dipilih sesuai selera. Makan siang kali ini pasti jadi lebih menyenangkan!

Tampilan bakmi Jawa memang tak berbeda jauh dengan bakmi goreng atau rebus lainnya. Keunikan bakmi ini memang terletak pada cara memasak dan bumbunya. Umumnya bakmi Jawa memakai bakmi kuning atau bakmi putih (bihun) dengan isian daging ayam, kol, daun bawang, irisan tomat dan kekian (seperti adonan bakso) yang dipotong tipis terbuat dari tepung terigu.

Jenis mi yang dipakai adalah mi kuning basah. Umumnya mi Jawa dimasak dengan bumbu ‘mlekoh’ yang berupa kemiri, bawang merah, bawang putih dan merica. Bumbu yang dihaluskan ini merupakan ciri khasnya sehingga memberi warna sedikit keruh pada kuahnya. Tambahan lain yang wajib ada adalah telur, bisa telur ayam atau telur bebek (seperti mi Jawa gaya Yogya)

Bakmi Jawa disajikan dengan kuah kental sebagai mi rebus dan mi goreng. Minya juga bisa dipadu, mi dan bihun. Biasanya penjual juga menawarkan nasi goreng Jawa dan nasi goreng Magelangan atau nasi ruwet yang berupa campuran bakmi, bihun dan nasi.

Biasanya bakmi Jawa disajikan panas mengepul langsung dari wajan. Pendampingnya adalah acar mentimun, cabai rawit dan kerupuk kanji. Jika menyantap mi Jawa yang panas dan sedap ini dijamin keringatpun mengucur deras. Jika ingin menyegarkan diri dengan santapan khas Jawa yang murah enak ini, silakan mampir ke salah satu warung berikut ini.

Bakmi Jogja Bengawan
Jl. Haji Nawi No.2 (depan SMP Pangudi Luhur)
Jakarta Selatan

Bakmi Jawa Mbah Surip
Jl.Ampera Raya (Sebelah Gg.Kancil dan Gg.Sri Sulastri)

Bakmi Jawa Bumen
Jl. Pejoimpongan
Jakarta

Bakmi Jawa Gareng
Jl. Pakubuwono
Jakarta Selatan


* detikfood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s