Segarnya Baobing di Musim Panas

APA yang Anda lakukan ketika musim panas tiba? Berdiam di ruang ber-AC atau berendam di kolam renang? Agar lebih nikmat, coba rasakan kesegaran baobing.

Baobing adalah sejenis es serut (shaved ice) khas Taiwan yang biasanya disajikan di piring besar sebagai pencuci mulut (dessert) selama musim panas berlangsung. Selain segar, minuman ini terbilang murah dan juga sehat.

Dahulu pembuatan es serut ini masih cukup sederhana dimana bongkahan es dipukul dengan palu hingga menghasilkan potongan-potongan es batu yang lebih kecil dari sebelumnya. Kemudian potongan-potongan es itu diserut di atas papan yang diselipkan pisau penyerut atau dimasukkan ke dalam alat serut yang diputar dengan tangan.

Meski perkembangan mesin-mesin penyerut es semakin canggih, namun tidak mempengaruhi produktivitas es baobing yang mirip dengan dengan es ala Italia (granita), halo halo Filipina, bingsu Korea dan es kacang Malaysia.

Berbagai komposisi bahan seperti talas, kacang hijau merah, hijau kacang hijau, ubi jalar, kacang manis, kacang almond dan rumput jelly dicampur ke dalam piring es baobing.

Agar terasa lebih manis dan nikmat, es serut Taiwan ini bisanya disiram dengan susu kental dan sirup yang berwarna atau diberi stroberi, mangga dan semangka pada bagian topping (atas) baobing. Selain memiliki komposisi yang baik, aroma baobing juga wangi seperti es krim.

Bagi Anda yang berminat membeli, cobalah beranjak ke restoran-restoran terkenal di Taiwan yang menyajikan menu khusus baobing. Dulu di kawasan Yongkang Street, Kota Taipei terdapat restoran es raksasa yang terkenal, namun sayangnya telah ditutup lantaran terjadi perebutan harta antara pemilik resto dengan sang mantan istri.
* mediaindonesia
Lihat juga : marzano, pizza hut, sandwich

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s