Ice Halo-Halo, Es Campur ala Filipina

HALO-halo atau halu-halo (dari bahasa Tagalog, halo yang berarti campur) adalah es campur dari Filipina. Setelah diserut, es dihidangkan di dalam mangkuk atau gelas tinggi dengan tambahan isi yang beraneka ragam, di antaranya: kolang-kaling (kaong), pisang, nata de coco, kelapa kopyor (makapuno), pacar cina dan kacang-kacangan dan umbi yang dimasak manis. Di atasnya dituangkan susu kental manis atau susu evaporasi dan kadang-kadang diberi es krim.

Sebelum ditutupi dengan es serut, kacang-kacangan diletakkan di dasar gelas atau mangkuk. Kacang-kacangan yang biasa dipakai adalah kacang jogo, hijau, arab atau tanah. Buah-buahan segar atau dimasak dengan gula yang biasa dipakai adalah nangka, mangga, sawo duren, papaya, apokat, buah kiwi, melon atau ceri.

Umbi yang dipakai terdiri dari dua jenis: ubi jalar (kamote) dan uwi (ube). Halo-halo juga sering diberi jagung manis dari kaleng, pinipig, puding caramel, serta jeli dari gelatin atau agar-agar yang diberi warna merah, hijau, atau kuning.

Selain mudah ditemukan di berbagai restoran ternama, seperti di Razon Guagua, Provinsi Pompanga, Filipina, minuman segar halo-halo dapat membantu Anda saat menghilangkan dahaga di siang hari yang panas.

Razon Guagua adalah salah satu restoran ternama milik Razons Food Corporation Filipina yang beroperasi sejak tahun 2003 dengan memiliki 22 cabang di tempat strategis. Mulai dari Galeri Robinson di Kota Quezon, Greenhills Shopping Center hingga SM Mall of Asia.

Adapun menu lain yang ditawarkan oleh Restoran Razon Guagua, seperti Chicken Pork Asado, Nasilogs, Pancit Luglug, Silvanas, Ensaymada dan masih banyak lagi yang tak kalah lezat.


* Wikipedia
Lihat juga : table8, sushi tei, burger
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s