Pansit Palabok (pansit luglug)

Pansit atau pancit adalah istilah umum untuk mi atau masakan mi goreng di Filipina. Hidangan dari mi, bihon, miswa, dan sotanghun mulanya berasal dari masakan Cina, namun telah diadaptasi sebagai masakan Filipina dengan tambahan bahan-bahan lokal. Pansit palabok (pansit luglug) dan pansit malabon telah dianggap sebagai masakan asli Filipina.
Pansit malabon dengan berbagai makanan laut adalah makanan khas kota pelabuhan Malabon. Mi dimasak bersama udang, tiram, cumi-cumi, dan daging babi. Bumbu yang dipakai adalah patis, merica, bawang putih, dan jeruk kesturi.
Seperti halnya pada kebudayaan Cina, mi dipercaya orang Filipina sebagai lambang umur panjang. Oleh karena itu, mi hampir selalu dimakan untuk merayakan ulang tahun.
Rumah makan yang menyediakan pansit disebut panciterias, dan umumnya berarti rumah makan Cina. Mi berkuah disebut pansit mami atau pansit lomi. Masakan yang dikenal di Indonesia sebagai pangsit kuah disebut pansit molo, dan merupakan makanan khas dari Molo, Iloilo City.
Sumber     : wikipedia
Lihat juga : table8, sushi tei, tamani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s