Chakali – Hadir diperayaan Tradisional India

Jakarta – Hari Deepavali atau diwali adalah salah satu perayaan masyarakat hindu di India. Acara-acara tradisional dipersiapkan untuk menyambutnya, tak ketinggalan makanan khas yang selalu ada saat festival berlangsung salah satunya adalah Chakali. Penasaran?

Deepavali adalah salah satu perayaan yang cukup meriah dirayakan oleh masyarakat India. Perayaan ini juga sering disebut dengan nama ‘festival of light’. Tak heran, karena selama perayaan akan ada banyak sekali lampu-lampu dengan berbagai warna. Tidak hanya itu, berbagai acara tradisional dan juga hidangan-hidangan khas India selama festival berlangsung pun menarik untuk dicicipi.
Salah satunya adalah Chakali. Camilan ringan yang selalu hadir tiap kali perayaan depavali ini memang menjadi camilan favorit yang renyah. Rasanya gurih pedas dengan aroma rempah-rempah yang cukup kuat seperti jintan, kapulaga, biji ajwain, dan juga bubuk cabe.
Kalau dilihat dari bentuknya, Chakali ini mirip sekali dengan makanan ringan khas Betawi yang biasa disebut dengan akar kelapa. Bedanya, akar kelapa masyarakat Betawi rasanya gurih manis karena menggunakan parutan kelapa dan sedikit gula. Sedangkan Chakali ini cenderung gurih pedas rasanya.
Alat untuk membuatnya pun serupa, berupa tabung silinder yang memiliki lubang bentuk bintang dibagian bawahnya. Adonan yang dimasukkan ke dalam tabung tersebut kemudian ditekan dengan menggunakan pendorong kayu. Adonan di cetak sambil ditaruh di atas penggorengan yang sudah berisi minyak panas. Adonan chakali digoreng hingga warna nya kuning kecokelatan. Chakali enak disantap selagi panas ataupun dingin, karena rasanya kres..kres.. renyah!
* detikfood
Lihat juga : tamani, pizza hut, sandwich

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s