Pondok Grafitasi – Kuliner yang Benar – Benar sempurrrnaaaa…..!

Jika ingin makan seafood pilihlah tempat makan di pondok-pondok yang dibangun di atas sungai, karena kita akan menemukan suasana yang pas banget. Itulah yang saya rasakan ketika diajak makan siang di Pondok Grafitasi dalam perjalanan saya menuju Singkawang dari Pontianak. Menu ikan, udang, cumi dan kepiting memang menjadi andalan di tempat makan ini, termasuk “appetizer” berupa pulut panggang plus sambal kepah. Ada dua nama ikan yang menarik perhatian saya dari daftar menu yaitu ikan senangin dan ikan ansam, ama ikan yang tidak pernah saya temui di daerah lainnya. Langsung saja saya pesan dua ikan itu dengan masakan yang berbeda juga. Ikan ansamnya saya minta dibakar. Yang hadir adalah Ikan Ansam Bakar dengan bumbu pedas tapi manis yang memiliki cita rasa aduhaiiiii…. Enak banged… Kelembutan dagingnya yang masih panas dengan bumbu bakarannya yang meresap, pedas dan legit bener-bener membuat makan siang saya pertama di provinsi yang dilalui garis khatulistiwa ini benar-benar sempurrrnaaaa…..
Bagaimana dengan nasib ikan senangin? Atas saran orang setempat, ikan ini dikorbankan untuk dibumbuin Asam Pedas. Dan yang hadir adalah semangkuk besar ikan senangin dalam genangan kuah asam pedas. Aroma kuahnya sudah menggoda begitu Senangin Asam Pedas ini tersaji di meja. Rasanya? Hmmm, yummiii, seggeerrr banged. Panas dan pedasnya langsung membuat dahi kita berpeluh. Puasss rasanya menyantap Ikan Senangin Asam Pedas…
Ada dua pilihan udang di tempat ini, Udang Gala dan Udang Dogol. Udang Gala ukurannya besar dan berasal dari laut, sedangkan udang dogol diambil dari sungai. Kita pesan udang dogol, karena namanya terkesan unik. Untuk merasakan nikmatnya daging udang yang fresh, saya minta untuk direbus saja. Seporsi besar udang langsung hadir di meja saya. Dagingnya terasa ada semburat manis tanda kesegaran dari kumpulan udang ini, dicocol pake sambel, pas….
Nah, yang unik “appetizer”-nya nih, Pulut Panggang. Semacam lemper tapi dibakar n isinya bukan daging ayam tapi udang-udang kecil. Rasanya gurih n enak. Asal jangan kebanyakan aja makannya, ntar keburu kenyang hehehe.
Paling pas pulut panggang ini dicocol pake Sambal Kepah. Kepah ini serupa dengan kerang, yang kemudian dimasak sambal (sambal terasi?). Rasa gurih, manis dan pedas bersinergi dengan harmoni yang memberikan sensasi indah bagi indera pengecap kita. Wajib dicoba!!!
Saya begitu semangat mengunjungi wisata kuliner di kalimanntan, Jika ada kesempatan kedua lagi pastinya tidak disia-siakan untuk menikmati kenikmatan kuliner provinsi yang berbatasan dengan Negeri Jiran ini.Untuk para pencinta kuliner saya ucapkan Selamat menikmati…..
Pondok Grafitasi
Jl. Raya Sungai Burung
Simpang Segedong – Kab. Pontianak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s