Resep Ibu Mertua – Sop Ikan Khas Thailand

Lagi-lagi resep ibu mertua ketika beliau lagi diet. Seharusnya sih pake ikan Monkfish. Waktu masih tinggal di Ontario, kayaknya mudah cari monkfish di supermarket, tapi di Quebec susyeeeeeh, jadi saya ganti pake Turbo; ga kalah enak kok, dan juga ga amis. Resep ini buat 3 porsi dan seporsinya cuman 0,1 g karbohidrat!
* 1 liter kaldu ikan, kira-kira 4 cups (saya ganti dengan 8 sdt kaldu bubuk ikan dilarutkan dalam 1 liter air panas)
* 4 batang sereh, iris melintang bagian putihnya
* 3 jeruk limau (saya pakai 2 saja)
* 2 cabai rawit pedas, buang bijinya, iris tipis
* 2 cm laos tanpa kulit, iris tipis
* 6 batang daun ketumbar
* 2 lembar daun jeruk purut, iris tipis (saya pake daun jeruk yang kering sih, jadi ga saya iris, tinggal di cemplung aja, bedanya saya pakai 3-4 lembar)
* 350 g ikan Monkfsih tanpa kulit, karena ga nemu, saya ganti Turbo fish, dan karena ga tau apakah ntar hasilnya amis atau ga, saya cuman pake 175 g; iris-irish
* 1 sdm cuka beras (rice vinegar), saya pakai cuka makan yang biasa (white vinegar)
* 3 sdm saus ikan
* 2 sdm irisan daun ketumbar
Cara Membuat
* Masukkan kaldu kedalam panci dan biarkan mendidih
* Ambil kulit dari 1 jeruk nipis, sisihkan. Ambil airnya, sisihkan
* Masukkan irisan sereh, kulit jeruk, irisan cabai, laos, daun jeruk, serta daun ketumbar ke dalam panci. Biarkan selam 2 menit
* Masukkan irisan ikan, cuka, saus ikan serta separuh dari air perasan jeruk nipis tadi. Masak selama 3 menit (hingga ikan matang)
* Buang daun ketumbar dari panci. Cicipi kuah dan jika diinginkan, tambahkan sisa perasan air jeruk nipis.
* Sajikan sop segera dan taburi dengan irisan daun ketumbar.
*lintasberita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s