Sajian Khas Sunda di Saung Panggung

BEKASI – Hidangan yang ditawarkan pelayan restoran yang dikenal dengan nama Rumah Makan Pajajaran ini terdiri berbagai jenis. Menunya pun beragam. Penikmat wisata kuliner dijamin akan kesengsem, deh!

Bagi para penikmat makanan khas Sunda, bila ingin menikmati jenis ikan atau da-ging-dagingan yang digoreng, dibakar, bahkan yang dipepes sekalipun, Anda dapat memesan di rumah makan yang lokasinya sangat strategis ini.

Di sini tersedia menu ikan mas cobek, pepes, bakar, dan goreng. Juga tersaji udang goreng, bakar, dan rebus. Menu ikan gurame pun tersedia di rumah makan yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, yang tak jauh dari gerbang Tol Bekasi Barat ini. Jenis sop-sopan daging pun tersedia pula, termasuk makanan yang mudah didapat, antara lain tempe dan tahu.

Dan sebagai ciri khas masakan Sunda atau Jawa Barat, sayur lalapan tidak pernah ketinggalan dan semuanya tersaji di sini. Tinggal kita memilih, apakah lalapan disajikan direbus atau mentah, semuanya tergantung selera kita yang akan menikmatinya. Boleh dikatakan, hampir semua jenis makanan dapat dijumpai di rumah makan yang tak jauh dari pusat perbelanjaan Mega Bekasi yang merupakan salah satu pusat perdagangan terbesar di Kota Bekasi ini.

Maka, para penikmat makanan bila datang ke rumah makan tersebut umumnya tidak sekadar karena ingin menikmati berbagai jenis menu makanan di sini, tetapi juga untuk berwisata kuliner di lokasi yang selalu ramai dikunjungi orang ini. Restoran serbalengkap di Kota Bekasi ini memang sedang berkembang usaha kulinernya. Rumah makan ini juga menggunakan sistem prasmanan. Artinya, semua makanan jenis ikan-ikanan maupun daging disiapkan di dalam wadah dari kaca sehingga tampak transparan. Para penikmat tinggal memilih jenis ikan atau daging yang akan disantap. Tinggal pilih dan sebelum disajikan, dimasak terlebih dahulu.

Konsumen tinggal duduk di kursi dalam ruangan ber-AC atau di saung yang memang ditata dengan khusus dan apik, makanan akan diantar dan dapat dinikmati dalam kondisi panas-panas. Jenis sayuran seperti karedok, cah kangkung, bahkangado-gado pun, tersedia di rumah makan yang banyak dikunjungi penikmat makanan selain warga Kota Bekasi tersebut.

Nasi Bakul

Jika Anda selama ini sudah merasa jenuh menikmati makanan di restoran mewah di Ibu Kota Jakarta, Rumah Makan Pajajaran ini termasuk yang lengkap. Terdapat beberapa rumah panggung dengan berbagai jenis ukuran. Ada yang kecil, sedang, bahkan ada yang cukup besar hingga dapat menampung belasan orang. Jadi menikmati makanan khas Parahyangan di rumah makan ini tidak musti duduk di atas kursi lengkap dengan mejanya.

Tetapi, pengusaha rumah makan ini seperti diungkapkan seorang pelayannya, Kusnandar, sengaja membuat konsep yang tidak membosankan. Tetapi, pengusahanya menyediakan saung pangung dengan duduk bersila. Bahan saung panggungnya pun terbuai dari bahan serbabambu yan dirakit dengan unik dan terkesan seperti di Dedesaan.

Pemilik usaha juga menyediakan tempat untuk pertemuan atau rapat-rapat kecil sambil menikmati makan siang. Maka suasana di rumah makan yang berada di pusat Kota Bekasi, tidak membosankan. Apalagi bila diiringi dengan lagu-lagu atau instrumen Sunda, suasana akan terasa lebih nikmat dan pengunjung dapat melepaskan pikiran yang penat. Tidak heran, di bulan puasa, bila pengunjung datang ke rumah makan ini tanpa memesan tempat terlebih dulu, akan sangat sulit mendapat tempat.

Salah satu yang unik dan tradisional di rumah makan ini. nasi tidak langsung ditaruh di dalam piring, tetapi selalu disajikan di dalam bakul yang dilapis daun pisang Bahkan, bagi konsumen yang jumlahnya sedikit atau hanya dua orang, pemilik rumah makan ini menyediakan nasi timbel yang dibungkus dengan daun pisang. Tidak ketinggalan pula, petai rebus atau mentah, termasuk sambal khas yang dapat menambah nikmatnya mencicipi makanan di restoran tersebut. ( bataviase )
burger, sushi tei, tamani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s