Serba serbi Kuliner di Israel

PANDUAN MAKANAN DI ISARAEL

A-AHAVA (kata dalam bahasa Yahudi yang berarti Cinta) – bahan yang paling penting dalam makanan Israel.

B-BREAKFAST (sarapan) – sarapan Israel adalah ala prasmanan dengan aneka ragam hidangan termasuk berjenis-jenis keju, sayur-sayuran, buah-buahan, roti segar, cereal, dan masih banyak lagi sesudah Anda mencoba sarapan ini, Anda aka lupa makan siang.

C-CHICKEN SOUP ( Sop Ayam)- Juga dikenal sebagai “penisilin Yahudi”, sop yang menghangatkan hati & perut, yang dibuat dari ayam, sayur-sayuran, bakmi yang tipis dan Ahava

D-DELIGHTS – Jenis kue basah dan kue kering yang manis sekali yang berasal dari Timur Tengah, antara lain Halwa (dibuat dari biji wijen). Baklawa (lapisan tipis dari pastel Fillo yang diisi dengan Kacang, buah badam, buah kenari, semuanya dicelup dalam sirop yang manis), Turkish delights, dan cokelat yang enak sekali. Sungguh merupakan makanan yang amat lezat bagi mereka yang menyukai makanan manis.

E-EL-AL- maskapai penerbangan nasionalIsrael, satu-satunya maskapai penerbangan yang akan melayani Anda dengan hidangan-hidangan dan minuman anggur yang lezat sekali seperti yang disebut dalam petunjik ini, dan semuanya sama sekali Kosher.

F-FALAFEL – makanan Israel yang paling termashyur : bakso yang dibuat dari sejenis kacang panjang yang dicincang dan kemudian digoreng, dihidangkan bersama dengan roti Pitta beserta sos Tahina dan acar, dapat dibeli di seluruh negeri Israel di tempat-tempat penjualan falafel

G-GALILEA – kawasan utara yang terkenal dengan danaunya, laut Galilea, tempat ikan Santo petrus yang paling lezat ditemukan. Cobalah digoreng di tepi danau sambil minum minuman anggur putih yang dingin.

H-HALAL- pada dasrnya semua daging Kosher di Israel halal karena peraturan-peraturan makanan orang Yahudi serupa dengan orang Islam. H juga singkatan dari HUMUS. Humus adalah hidangan tradisional yang terdiri dari sejenis kacang panjang yang direbus dan ditumbuk, sedap dimakan dengan roti Pitta!

L-LABANECH- Keju yoghurt, rasanya enak dengan roti Pittaa, minyak zaitun dan sayur-sayuran segar.

M-MARKET(pasar)- penuh dengan hasil negeri susu dan madu ini. Pasar di Israel adalah impian bagi mereka yang senang makan. Ada buah-buahan dan sayur-sayuran, manusia dan pastel, keju dan potongan daging yang dingin, acar, dan anda tinggal sebut saja-semuanya ada di sana!

N-NES CAFÉ – versi kopi local dengan susu – sederhana dan enak, tapi jangan kehilangan kesempatan untuk minum jenis-jenis kopi lainnya antara lain kopi Turki (kadang –kadang disebut kopi Hitam/berlumpur) atau kopi Hafuch ( secara harfiah berarti kopi terbalik) yang merupakan versi local kopi Cappucino

O-ORANGES- jeruk Yaffa adalah yang paling terkenal di dunia – cobalah dan Anda akan mengerti mengapa….tapi sisakan ruang dalam perut anda untuk buah-buahan lainnya yang lezat, antara lain buah anggur pada musim panas, buah persik dan apricot pada musim semi, dan buah delima pada musim gugur.

Q-QUEUE-antrean yang mungkin Anda dapati di depan beberapa rumah makan yang sangat baik dan terkenal – jangan dihiraukan, melainkan lakukan apa yang dikerjakan orang lain, yakni mendorong sekeras mungkin!

R-RESTORAN- apa saja yang anda inginkan bisa ditemukan di restoran-restoran Israel: Timur tengah (biasanya lebih sederhana dan lebih mahal), Cina (jangan mengharapkan masakan Cina seperti yang didapati di rumah-rumah makan di Indonesia, melainkan masakan Cina ala Amerika), Jepang, perancis (berwaspadalah terhadap rekeningnya…), Itali (enak dan harganya lumayan murah), dan juga kedai-kedai makanan cepat saji (fast food) bagi mereka yang rindu akan Big Mac.

S-SHISHILK & KEBAB – kebab adalah daging (sapi, kalkun, kambing) yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk seperti sate, lalu dipanggang sampai matang. Shishlik adalah versi yang serupa kebab tapi dibuat dari daging yang dicincang.

T-TAHINA-sos yang dibuat dari bubur wijen yang dicampur dengan air, air jeruk sitrun, bawang putih dan rempah-rempah, enak dimakan dengan hampir segala makanan (daging,ikan,sayur-sayuran, tapi yang paling enak….falafel dan roti pitta).

U-USA (Amerika Serikat) – Sumber inspirasi untuk makanan local cepat saji, sehingga Anda bisa dengan mudah mendapati steik daging sapi (kadang-kadan dihidangkan dalam roti pitta..), French fries (kentang goreng), Mc Donalds, Haagen das, Coke dan makana kesukaan lainnya.

V-VAT (17%) pajak barang) – sayang sekali bahwa Anda aka menemukan pajak ini dalam rekening restoran Anda bersama dengan ongkos pelayanan (10%) , namun jika tidak dicantumkan , jangan lupa member persen kepada pelayan restoran sejumlah yang sama.)

W-WINE(minuman anggur) – pengalaman selama 6000 tahun membuat minuman anggur Israel berbeda dengan minuman anggur lainnya. Minuman anggur kami telah memenangkan hadiah-hadiah dalam kompetisi minuman anggur Golan, karmel Mizrakhi (kilang anggur yang tertua di Rishon dan Zikhron), Barkan Segal, dan masih banyak lagi. Jangan lupa membawa pulang beberapa botol….

X-XMAS (hari Natal) – mengapa Anda tidak merayakan hari natal di tempat asalnya? Anda tidak akan mendapati pudding Natal dengan mudah, tapi Anda dapat menurutkan kehendak hati Anda dengan makanan festival local di dalam suasana yang paling cocok.

Y-YEMENITE FOOD- suku Yemen mempunyai pengaruh penting dalam masakan Israel. Mallawah – pastel yang digulung dan digoreng, sering dimakan dengan saus tomat yang segar, telur rebus dan Shug (sambal yang tak aka anda lupakan…), sop yang lezat sekali , semuanya sangat mengenyangkan perut, tapi Anda tak akan menyesal mencicipinya.

Z-ZEBRA- Anda tidak akan mendapatinya di atas piring Anda! Cobalah Kebun Binatang alkitab di Yerusalem, dan selamat menikmati kunjungan Anda!
Sumber : mahalokatours

the cafe, coffee bean, starbucks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s